Prolog E-Business

Belajar E-Business atau Belajar Business Online adalah suatu topik yang sangat dicari saat orang berselancar di Internet. Ada yang bilang bahwa dengan bermodalkan akun e-mail dan blog anda sudah bisa menghasilkan uang di Internet.

Tetapi tidak banyak yang menceritakan tentang sisi buruknya melakukan bisnis online, kendala-kendala yang diperoleh dan apa-apa yang perlu di waspadai. 

        Di situs BelajarEkonomi.Com ini anda akan dituntun secara step-by-step untuk memahami arti dari e-business itu sendiri. Terus terang bila anda memasukkan keyword ‘online business’ di search engine kesayangan anda anda akan mendapatkan link ke berbagai macam sumber informasi tentang memulai bisnis online.

        Tetapi disini akan coba kita sederhanakan apa maksud dari e-business itu dan anda bisa membaca artikel-artikel tentang online business disini. Satu hal lagi kami disini tidak beranggap bahwa kami mengetahui semua hal tentang online business.Dan banyak yang protes bahwa ada orang-orang yang belum lama online berani memberi pengajaran tentang e-business.   

Mari kita anggap ini hanyalah suatu masukan tambahan dari informasi lainnya semata karena kami sadar pengetahuan kami tentang hal ini masih terbatas dan terus kami kembangkan. Anda bisa mencari referensi tambahan mengenai bisnis online ini baik dari yang berbayar atau pun situs/blog yang membahas masalah ini.

 

E-Buisness. Suatu keniscayaan.

Saat ini perkembangan Teknologi Informasi begitu pesatnya sehingga proses transaksi bisnis juga berubah total. Di dunia transaksi melalui dunia maya sudah mencapai angka yang sangat tinggi saat ini.

Di Amerika saja perkembangan internet sudah pada tahap dimana telah terjadi pasar bebas di bidang bisnis di internet yang didukung oleh pihak legislatif. Bill Clinton adalah salah satu politisi yang sangat mendukung bahwa zona internet bebas dari pajak negara bagian. Tujuannya tak lain adalah agar dapat meningkatkan perekonomian rakyat amerika terutama home industry.

 

Ada beberapa alasan mengapa orang begitu tertarik untuk memulai bisnis di Internet antara lain :

– 180 juta orang amerika menggunakan internet setidaknya sekali sebulan

– Tahun 2005 ada sekitar 1.08 milyar penduduk dunia menggunakan internet sedidaknya sekali sebulan. Diprediksikan pertumbuhannya akan mencapai 2 milyar penduduk dunia pada tahun 2010

– Pendapatan rata-rata dari bisnis internet di rumahan adalah mencapai $66,790 (angka thn 2005) membuat internet suatu pasar yang sangat menarik

 
Dari angka diatas terlihat jelas bahwa bisnis Internet sangat menarik untuk digeluti atau melakukan investasi terhadapnya.

Keunggulan lainnya berbisnis di Internet :

– Tidak diperlukan bangunan khusus untuk memajangkan produk atau berkantor.

– Tidak perlu waktu yang full untuk melakukan bisnis melainkan hanya butuh waktu beberapa jam saja (Bila sudah running). Tetapi bila sudah membesar maka tentu saja memerlukan organisasi terutama buat customer support

– Dapat memangkas rantai supplier/distributor sehingga harga yang diterima konsumen bisa optimimum minimum

Tinggalkan komentar